Pages

Selasa, 06 Mei 2014

Nama kegiatan & Bentuk lomba

                A.      NAMA KEGIATAN

Nama kegiatan ini adalah Ajang Kreasi dan Seni Anak Islam ( AKSI ) Special Event yang ke-13 yang diselenggarakan oleh Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PRIPM) Gading yang bekerjasama dengan Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah (PRPM) Gading, Pimpinan Ranting Nasiyatul Aisiyah (PRNA) Gading, dan Ta’mir Masjid Belang Wetan.


B.   BENTUK Lomba
Acara Ajang Kreasi dan Seni Anak Islam ( AKSI ) Special Event yang ke-13 ini diselenggarakan untuk lingkup Kabupaten Klaten. AKSI Special Event yang Ke-13 pada tahun ini memiliki tiga bentuk kegiatan yaitu lomba, cerita anak Islam dan bakti sosial (penggalangan dana). Untuk perlombaan terbagi dalam dua kategori, kategori perlombaan untuk santri dan kategori perlombaan untuk Ustad/Ustadzah. Untuk lebih jelasnya akan kami jelaskan sebagai berikut:

a.       Lomba untuk Santri
1)      Kelas TKA (Usia antara 4-6 tahun)
·         Lomba Mewarnai
Lomba mewarnai untuk kelas TKA merupakan lomba untuk mengasah kemampuan para santri dalam bidang seni mewarnai sebuah gambar. Lomba ini untuk individu atau perorangan.

2)      Kelas TPA (Usia antara 7-12 tahun)
·         Lomba Pidato
Lomba Pidato pada kelas TPA ini melatih para santri untuk latihan berani berbicara di depan banyak orang dan berlatih menyampaikan dakwah islamiyah. Lomba ini untuk individu atau perorangan.

·         Adzan dan Iqomah
Lomba Adzan dan Iqomah merupakan ajang untuk melatih para santri untuk bisa menggantikan menjadi muadzin yang dengan indah dan merdu mengumandangkan adazan di masjid-masjid Allah. Lomba ini untuk individu atau perorangan.

·         Lomba Kaligrafi
Lomba Kaligrafi merupakan lomba untuk menuangkan bakat seni melukis huruf arab santri dalam selembar kertas. Kaligafi ini sendiri merupakan budaya asli dari Agama Islam. Lomba untuk individu atau perorangan.

·         Lomba Sholat Jenazah
Lomba Sholat Jenzah ini merupakan lomba untuk melatih pengetahuan santri mengenai bagaimana tata cara dan bacaan Sholat Jenazah yang baik dan benar. Lomba ini merupakan lomba beregu dengan jumlah regu tujuh (7) santri.

·         Berita Estafet
Lomba Berita Estafet merupakan lomba untuk mengasah daya tangkap, dan daya hafal santri dengan waktu yang relatef singkat. Selain itu juga dapat melatih kerjasama dan kekompakan santri. Lomba Berita Estafet ini merupakan lomba beregu dengan jumlah regu empat (4) santri.

3)      Kelas TQA (Usia antara 13-14 tahun)
·         Lomba Cerdas Cermat Agama Islam (CCAI)
Lomba Cerdas Cermat Agama Islam (CCAI) merupakan lomba untuk menguji keilmuan santri dalam bentuk lomba cerdas cermat. Lomba CCAI ini lomba dalam kelompok, dengan jumlah kelompok tiap regu 2 santri.

·         Tahfidz
Lomba Tahfidz merupakan lomba untuk mengasah potensi anak dalam menghafalkan ayat-ayat Al Qur’an. Lomba ini untuk individu atau perorangan.

b.      Lomba untuk Ustad/Ustadzah
Lomba untuk Ustad dan Ustadzah merupakan lomba yang melibatkan ustadz dan ustadzah TPA/TPQ/PAA se Kabupaten Klaten dengan macam lomba sebagai berikut:
1)      Micro Teaching dengan Media Pembelajaran
Lomba Micro Teaching merupakan lomba praktik mengajar/simulasi mengajar di TPA/TPQ/PAA dengan menerapkan metode mengajar yang baik dan benar serta memahamkan santri didiknya. Dan tentunya dengan menggunakan media pembelajaran yang efektif sehingga pengalaman belajar santri bisa terintegrasi.



 Semua lomba yang tersebut diatas terdapat beberapa KETENTUAN yang harus dipenuhi agar dapat mengikuti setiap perlombaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Nuun wal qalami wamaa yasturuun